Cegah Kolesterol Tinggi saat Ramadhan

Metrohealth - Konsumsi makanan dan minuman saat bulan puasa kerap kali menjadi tidak beraturan. Porsi yang melebihi biasanya, makanan tinggi kadar lemak yang menyebabkan kolesterol tinggi, dan lain - lain. Kolesterol adalah zat lemak alami dalam darah. Lemak alami ini diproduksi di hati dan juga ada di beberapa makanan yang kita makan. Kolesterol penting untuk menjaga sel-sel dalam tubuh kita tetap sehat.


Kolesterol tinggi adalah kondisi yang muncul akibat kadar “kolesterol jahat” di dalam darah melebihi batas normal. Kondisi ini tidak boleh dianggap sepele, karena bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan, seperti serangan jantung dan stroke. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan hal ini. Jika MetroFriends tidak mengambil tindakan untuk menurunkan kolesterol tinggi, hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.


Penyebab kolesterol tinggi

Siapapun bisa mengalami kolesterol tinggi. Terutama saat bulan puasa. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor dan beberapa diantaranya dapat dikendalikan, seperti:

  • makan terlalu banyak lemak jenuh – saat bulan puasa, konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh menjadi meningkat. Kebiasaan ini membuat kemampuan hati untuk membuang kolesterol berkurang, sehingga kolesterol dapat menumpuk di dalam darah
  • tidak aktif secara fisik – bermalas-malasan selama bulan puasa juga dapat mempengaruhi peningkatan kolesterol dalam darah. MetroFriends disarankan untuk tetap aktif selama bulan puasa agar meningkatkan kadar kolesterol 'baik'.
  • merokok - Kebiasaan ini dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi dan menyebabkan penumpukan tar di arteri, sehingga memudahkan kolesterol menempel di dinding arteri. 


Tanda Kolesterol Tinggi saat Puasa

Selain diproduksi secara alami, kadar lemak kolesterol dalam darah juga bisa diperoleh dari asupan makanan tertentu. Ada dua jenis kolesterol, yaitu high-density lipoprotein (HDL) yang biasa disebut dengan kolesterol baik dan low-density lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat. Kondisi yang harus diwaspadai adalah jika kadar LDL lebih tinggi dari batas normal. 


Namun, kondisi tersebut jarang menimbulkan gejala. Sehingga, banyak orang sering terlambat menyadari, bahwa mereka memiliki kolesterol yang tinggi. Dengan begitu, risiko adanya komplikasi menjadi lebih besar.


Tetapi, ada beberapa tanda fisik yang dapat menjadi tanda kolesterol sudah terlalu tinggi dan wajib untuk diwaspadai, diantaranya:


Sakit Kepala dan Nyeri Bahu 

Sering sakit kepala dan nyeri pada bahu atau tengkuk bisa menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi saat puasa. Peningkatan kadar kolesterol bisa menyebabkan tersumbatnya arteri dan mengganggu peredaran darah. Hal inilah yang menjadi pemicu munculnya sakit kepala dan nyeri pada tengkuk. 


Kebas pada Kaki dan Tangan 

Kebas atau kesemutan pada kaki dan tangan juga harus diwaspadai. Hal ini bisa menjadi tanda kadar kolesterol sudah terlalu tinggi. Gejala ini bisa muncul karena ada gangguan pada pembuluh darah akibat kolesterol tinggi. Alhasil, peredaran darah tidak lancar dan tubuh kurang mendapatkan asupan oksigen. 


Muncul Benjolan pada Sendi 

Kolesterol tinggi saat puasa juga bisa ditandai dengan munculnya benjolan pada tendon persendian. Benjolan yang muncul terbentuk karena ada penumpukan kadar kolesterol dalam jangka waktu yang lama. 


Mudah Lelah

Peningkatan kadar kolesterol juga bisa menyebabkan tubuh mudah merasa lelah. Kondisi ini bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari. Pada tingkat yang parah, gangguan kolesterol juga bisa menyebabkan seseorang mengalami sesak napas.


Kadar kolesterol tinggi tidak boleh dianggap sepele. Jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini bisa merusak tubuh dan menyebabkan komplikasi mematikan. Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko stroke hingga penyakit jantung. Maka dari itu, penting untuk memastikan kadar kolesterol seimbang dan hindari konsumsi makanan yang bisa memicu naiknya kolesterol dalam darah. MetroFriends dapat melakukan skrining kolesterol di RS MMC dengan harga spesial ramadhan. Cek Paket Disini.


Itulah penjelasan mengenai kolesterol tinggi saat puasa. Jika MetroFriends ingin berkonsultasi lebih lanjut atau ingin mendapatkan informasi rawat inap dan rawat jalan, dapat langsung menghubungi layanan Metrovia 0878-000-22887 atau dapat berkonsultasi langsung ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang dapat ditemui di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre. Cek jadwal dokter disini.


MetroHealth adalah portal edukasi kesehatan dari Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre untuk masyarakat Indonesia. Memberikan edukasi, inspirasi, dan informasi terkini seputar kesehatan dan gaya hidup.


Referensi:

British Heart Foundation

https://www.bhf.org.uk/informationsupport/risk-factors/high-cholesterol 


Mayoclinic

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/symptoms-causes/syc-20350800#:~:text=Cholesterol is a waxy substance,deposits in your blood vessels.


Heart.org

https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/about-cholesterol